Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

Rabu, 12 September 2012


SQL (Structured Query Language) merupakan sebuah bahas yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Model basis data relasional sendiri merupakan model basis data yang dirancang agar memiliki konsistensi informasi dalam bentuk normalisasi database. Yang secara penerapan dan operasional dikendalikan oleh mesin yang disebut dengan nama Sistem Manajemen Basis Data (SMBD).
Dalam pemakaiannya yang secara umum, SQL terdiri dari dua bahasa, yaitu :

 
Data Definition Language (DDL)

Data Manipulation Language (DML) 

Implementasi DDL dan DML berbeda untuk tiap sistem manajemen basis data (SMBD), namun secara umum implementasi tiap bahasa ini memiliki bentuk standar yang ditetapkan Lembaga Standar Amerika Serikat (ANSI)


 1. Data Definition Language (DDL)

  Data Definition Language (DDL) digunakan untuk mendefinisikan, mengubah, dan menghapus basis data dan objek-objek yang diperlukan dalam basis data, misalnya tabel, view dan sebagainya. Secara umum, DDL yang digunakan adalah 'CREATE' untuk membuat objek baru, 'USE' untuk menggunakan objek, 'ALTER' untuk mengubah objek yang sudah ada, dan 'DROP' untuk menghapus objek.

  2. Data Manipulation Language (DML)
  Data Manipulation Language (DML) digunakan untuk memanipulasi data yang ada dalam suatu tabel. Perintah yang umum digunakan adalah :
-  'SELECT' untuk menampilkan data
-  'INSERT' untuk menambahkan data baru
-  'UPDATE' untuk mengubah data yang sudah ada
-  'DELETE' untuk menghapus data

Beberapa Sistem Manajemen Basis Data (SMBD) memiliki fungsi aggregat, yaitu fungsi-fungsi khusus yang melibatkan sekelompok data. Secara umum fungsi aggregat adalah:
-  'SUM' untuk menghitung total nominal data
-  'COUNT' untuk menghitung jumlah kemunculan data
-  'AVG' untuk menghitung rata-rata sekelompok data
-  'MAX' dan 'MIN' untuk mendapatkan nilai maksimum/minimum dari sekelompok data.
Fungsi aggregat digunakan pada bagian 'SELECT'. Syarat untuk fungsi aggregat diletakkan pada bagian 'HAVING' bukan 'WHERE'.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar